oleh

Ketua DPRD Kaltim Harapkan Proses Perumusan Ranperda Trantibumlinmas Berdampak Terhadap Daerah Ke Depannya

Samarinda, Nmc Borneo – Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud berharap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) memberikan banyak manfaat bagi daerah.

Proses perumusan produk hukum daerah ini sudah sampai babak akhir. Setelah tiga bulan ditetapkan Ranperda tersebut sudah ada petunjuk teknisnya.

Hasanuddin Mas’ud menyampaikan, hal ini dilakukan untuk memastikan Ranperda Trantibumlinmas ini agar tidak seperti yang pengalaman perumusan Ranperda yang lalu sehingga mempermudah implementasinya ke depan.

“Nanti implementasinya Satpol PP yang ditunjuk ini, dalam melaksanakan penegakan dan ketertiban itu sudah ada juknisnya. Sehingga saya berharap perda ini bisa diamankan, tidak seperti yang lalu,” kata Hamas, Selasa (7/11/2023).

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga turut mendukung Satpol PP untuk dijadikan komponen ketahanan negara atau Komando Cadangan. “Harapan kita kalau nanti terjadi, ya kita tidak tahu keadaan dunia harapan kita dari pemerintahan daerah ini menjadi salah satu komponen yang kuat sebagai salah satu sumber ketahanan negara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia kearifan lokal yang berkaitan dengan Ranperda Trantibumlinmas nanti akan disesuaikan dengan daerah di Kaltim. Hal ini selaras dengan yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji bahwa akan melakukan studi tiru di daerah istimewa Jogjakarta.

“Kalau kearifan lokal sudah sejak awal kita menyampaikan bahwa studi tiru atau banding yang ada itu harus sesuai kearifan lokal yang ada di Kaltim,” tutupnya. (Adv)

Penulis : Hyd – Editor : Redaksi

Komentar