oleh

Kabar Pasar : Stok dan harga bahan pokok di Paser relatif stabil menjelang Ramadhan

Tana Paser, Nmcborneo.com – Stok dan harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Paser khususnya pasar penyembolum Senaken terpantau stabil dan terkendali menjelang bulan Ramadhan 1444 hijriah.

Dari laporan bulog sebelumnya, dalam rangka persiapan menjelang ramadhan sampai idul Fitri nanti stok kita cukup,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Khairul Saleh, Selasa (07/03/23).

Tercatat hanya 2 jenis bahan pokok yang mengalami kenaikan yaitu harga beras dan cabe. Kenaikan harga terjadi sejak akhir Februari sampai awal Maret dan belum mengalami penurunan.

Dilansir dari Laman Informasi Ekonomi Komoditas Kaltim (Laminetam) pada, Senin (7/3/23). berikut harga komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan harga per Senin 6 Maret 2023.

  1. Beras Medium awalnya Rp11. 500 naik menjadi Rp13.000 per kg. sedangkan beras Premium naik dari harga Rp13 ribu menjadi Rp15.000 per kg.
  2. Cabai merah besar naik dari harga Rp35.000 ribu menjadi Rp40.000 per kg.

“Yang ada kenaikan itu cabe dan beras. Kenaikannya masih terhitung stabil hanya seribu atau dua ribu rupiah. beras ini sebenarnya pasar bebas (tidak terikat) jadi sulit dikendalikan harganya,” jelas dia.

Berdasarkan pengamatan Khairul, salah satu faktor penyebab kenaikan harga adanya momentum ramadhan yang dimanfaatkan para pedagang untuk menaikkan harga.

“Kadang pedagang memanfaatkan momen tertentu,” tuturnya.

MK/Redaksi

Komentar

Berita